Wednesday, September 21, 2016

Ilmu Sosial Dasar | Tugas 1 | Penduduk Masyarakat Kebudayaan

Screenshot Berita



  • Ringkasan Berita
  Kematian akibat kabut asap di Indonesia menurut para ilmuwan dari Harvard University dan Columbia terhitung rata-rata mencapai 100.300 orang. Data ini didapatkan dari hasil satelit dan model komputer. Berbeda dengan data yang diperoleh dari BNPB yang hanya berjumlah 19 orang. Walaupun begitu, pemerintah harus menanggapi masalah ini dengan serius. Bila tak ada perubahan maka kabut asap akan selalu menyebabkan dampak buruk dari tahun ke tahun. Pemerintah juga telah berupaya dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan, meski dinilai belum optimal. 
  • Opini
  Kabut asap akibat pembakaran hutan dan lahan memang merugikan banyak pihak, khususnya
pada masyarakat yang tinggal di daerah sekitar. Bagaimana tidak? kabut asap dapat mengganggu aktivitas warga, misalkan bagi warga yang sering bekerja menggunakan kendaaraan bermotor akan menurun jarak pandangnya akibat tertutupi kabut asap. Belum lagi masalah sanitasi udara, kesehatan warga rentan terkena penyakit-penyakit seperti ISPA dan asma. Jika penanganan masalah akibat kabut asap tidak optimal, bisa menurunkan produktivitas masyarakat, kegiatan ekonomi pun bisa terhambat. Maka dari itu, masalah akibat kabut asap harus ditanggapi serius oleh pemerintah, pemerhati lingkungan dan juga masyarakat. Masalah ini tidak semata menjadi tanggung jawab pemerintah, namun masyarakat dituntut aktif dalam membantu pemerintah menangani masalah kabut asap akibat kebakaran hutan.
  • Solusi
  Tentunya pemerintah harus bertindak tegas kepada siapapun yang melakukan pembakaran hutan dan lahan secara ilegal, contohnya pemberian sanksi. Pemerintah juga perlu menyediakan fasilitas pemadam api dan memberikan pelatihan bagi masyarakat sekitar untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat harus ikut berpatisipasi dalam pelatihan penanggulangan kebakaran hutan.



Sumber Referensi :

(Link 1) http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/09/160919_indonesia_kematian_asap 
(Link 2) http://www.bnpb.go.id/berita/2577/masyarakat-dalam-penanggulangan-bencana-asap









No comments:

Post a Comment