A. Animasi
Naruto Shippuden merupakan salah satu animasi yang banyak digemari orang. |
Pengertian Animasi
Animasi berasal dari kata serapan bahasa inggris yaitu "animation" yang berasal dari kata dasar "to animate" yang berarti "menghidupkan". Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan atau menggerakan benda mati. Animasi terdiri dari beberapa gambar yang disusun serta diolah agar menghasilkan gambar yang hidup atau bergerak. Berikut
ini adalah beberapa pengertian animasi menurut para ahli.
1. Agus Suheri.
Menurut Agus Suheri (2006 : 2) “Animasi
merupakan kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan
gerakan”.
2. Ibiz Fernandez.
Menurut Ibiz Fernandez dalam bukunya
Macromedia Flash Animation & Cartoning: A Creative Guide, "Animasi
adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis
untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan” (Ibiz Fernandez, McGraw-Hill/Osborn,
California, 2002).
3. Vaughan.
Menurut Vaughan (2004), animasi
adalah usaha untuk presentasi statis menjadi hidup. Animasi merupakan perubahan
visual sepanjang waktu yang memberi kekuatan besar pada proyek multimedia dan
halaman web yang dibuat (Iwan Binanto, Multimedia Digital- Dasar Teori dan
Pengembangannya, 2010).
4. Budi Sutedjo.
Animasi adalah gambar-gambar yang
bergerak dengan kecepatan, arah, dan cara tertentu (Budi Sutedjo Dharmo Oetomo,
S.Kom., MM, Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi,
2006).
5. Bustaman.
Bustaman (2001 : 32-33) menyatakan bahwa “Animasi adalah suatu proses dalam menciptakan efek gerakan atau perubahan dalam jangka waktu tertentu, dapat juga berupa perubahan warna dari suatu objek dalan jangka waktu tertentu dan bisa juga dikatakan berupa perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lainnya dalam jangka waktu tertentu”.
6. Zeembry.
Zeembry (2006) menyatakan bahwa ”Animasi adalah rangkaian gambar yang disusun secara berurutan”.
7. Andreas Adi Suciadi.
Suciadi (2003 : 9) menyatakan bahwa ”Animasi adalah sebuah objek atau beberapa objek yang tampil bergerak melintasi stage atau berubah bentuk, berubah ukuran, berubah warna, berubah putaran, berubah properti-properti lainya”.
Penerapan Animasi Dalam Kehidupan Sehari-hari
1. Pendidikan dan Pelatihan.
Simulator Pesawat Terbang. |
Penerapan animasi pada berbagai bentuk pemodelan fisika, ekonomi, dan keuangan bertujuan untuk membantu orang dalam memahami data atau informasi. Berbagai macam pelatihan juga kini terdapat penerapan animasi. Misalnya pelatihan untuk pilot menggunakan simulator untuk melatih dan meningkatkan kemampuannya. Hal ini dapat mengurangi resiko yang mungkin terjadi bagi pilot.
2. Hiburan.
Film Transformer Menggunakan Efek Animasi Yang Mengagumkan. |
Penggunaan animasi kini kian populer dan sering kita lihat pada game, film, video dan iklan televisi. Animasi yang digunakan pun semakin kompleks untuk memberikan kesan yang lebih realistis pada penonton / penggunanya. Hal ini dapat dicapai karena adanya teknologi CGI (Computer Generated Imagery).
Kesimpulan.
Animasi adalah kumpulan gambar atau objek yang disusun secara berurutan untuk menghasilkan proses perubahan gerak/warna /objek dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan animasi yang semakin luas dalam berbagai bidang dapat memberikan banyak manfaat misalnya penggunaan animasi pada dunia pendidikan bisa membuat proses belajar mengajar lebih mudah dan menyenangkan. Tidak menutup kemungkinan bahwa semakin berkembangnya teknologi informasi, penerapan animasi akan digunakan pada bidang lainnya.
B. Desain Grafis.
Contoh Desain Brosur Makanan. |
Pengertian Desain Grafis.
Berikut ini adalah beberapa
pengertian desain grafis menurut para ahli.
1. Suyanto.
Menurut Suyanto desain grafis
diartikan sebagai aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk
kebutuhan bisnis dan industri. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan
dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan
perusahaan, dan lingkungan grafis; desain informasi; dan secara visual
menyempurnakan pesan dalam publikasi.
2. Jessica Helfand.
Menurut Jessica Helfand
mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar,
angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran
khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga
mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau
subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
3. Danton Sihombing.
Desain grafis mempekerjakan
berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan
lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi.
Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual
dan perangkat komunikasi.
4. Michael Kroeger.
Visual Communications (komunikasi
visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui tema-tema visual dengan
menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
5. Warren dalam Suyanto.
Memaknai desain grafis sebagai
suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang
struktural dan visual.
6. Blanchard.
Mendefinisikan desain grafis
sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses
dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
7. Henricus Kusbiantoro.
Bahwa desain adalah kompromi
antara seni dan bisnis yaitu melayani kebutuhan orang banyak pada pemecahan
problem visual, namun sekaligus tidak kehilangan karakter dan keunikan dari
segi eksekusi visual baik konsep maupun visual teknis.
8. Adi Kusrianto.
Menurut Kusrianto (2007: 100)
Seni Grafis yaitu seni gambar dalam dua dimensi pada umumnya mencakup beberapa
bentuk kegiatan, seperti menggambar, melukis, dan fotografi. Secara spesifik,
cakupan tadi terbatas pada karya yang dicetak atau karya seni yang dibuat untuk
diperbanyak melalui proses cetak.
Penerapan Desain Grafis Dalam Kehidupan Sehari-hari.
Seperti halnya animasi, desain
grafis juga telah digunakan secara meluas dalam berbagai bidang dari mulai
pendidikan hingga menyentuh ranah bisnis misalnya pemasaran produk. Mari yuk
kita lihat bidang apa saja yang telah menerapkan desain grafis.
1. Pemasaran dan periklanan
Poster Iklan Produk Minuman. |
Desain grafis berperan penting dalam dalam program pemasaran dan periklanan karena dapat membantu mempromosikan dan berkomunikasi dengan lebih efektif melalui visual. Bila dikombinasi dengan cara pemasaran yang baik, maka peluang untuk memikat pelanggan dapat lebih besar.
2. Percetakan (Printing).
Contoh Desain Grafis Majalah Komputer. |
Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi. Printing sendiri memuat memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis dalam bentuk cetak.
3. Teknik.
Penerapan Desain Grafis Pada Software Perancangan Bangunan. |
Pembuatan rancangan ini dapat dibuat dengan menggunakan desain grafis sebagai salah satu media untuk memudahkan pembuatan rancang bangun, dan dalam proses editing rancangan apabila rancangan yang dibuat kurang sesuai. Alat bantu untuk membuat perancangan khususnya untuk sistem arsitektural dan engineering disebut Computer Aided Design (CAD). Selain untuk merancang bangunan, CAD juga digunakan untuk mendesain kendaraan, komputer dan alat-alat elektronik.
Salah Satu Pemanfaatan PowerPoint Dalam Proses Pembelajaran. |
Penerapan desain grafis dalam dunia pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek secara nyata dengan menggunakan software presentasi seperti PowerPoint. Penggunaan grafis pada proses belajar-mengajar dapat mempercepat dan mempermudah penyerapan materi pembelajar terhadap siswa.
5. Computer Art.
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, dan lain sebagainya. Contoh software yang digunakan untuk computer art yaitu Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
6. User Interface.
5. Computer Art.
Logo. |
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, dan lain sebagainya. Contoh software yang digunakan untuk computer art yaitu Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
6. User Interface.
User Interface Android Stock. |
User Interface (UI) adalah bagaimana pengguna berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi. Desain UI adalah proses mendesain antarmuka untuk membuatnya mudah digunakan. UI mencakup semua hal yang berinteraksi dengan pengguna — layar, keyboard, dan mouse — tetapi dalam konteks desain grafis, desain UI berfokus pada pengalaman visual pengguna dan desain elemen grafis di layar seperti tombol, menu, interaksi – mikro , dan banyak lagi. Contoh yang menggunakan user interface adalah desain web, sistem operasi dan aplikasi.
Kesimpulan.
Desain grafis diartikan sebagai seni gambar dua dimensi yang terdiri dari berbagai kombinasi elemen kata, angka, simbol, fotografi atau ilustrasi untuk menyampaikan informasi yang lebih komunikatif dibanding hanya teks. Seperti animasi, desain grafis telah digunakan banyak individu maupun kelompok dalam berbagai bidang. Desain grafis yang baik dapat memberikan berbagai manfaat bagi yang menerapkan pada bidangnya, misalnnya desain grafis yang memiliki visual yang baik pada iklan pemasaran beserta kemasan produknya dapat memikat banyak pelanggannya.
Daftar Pustaka
[1] Suheri, Agus. 2006. Animasi
Multimedia Pembelajaran. Jurnal Media Teknologi, Vol. 2, No.1, Cianjur :
Universitas Suryakencana.
[2] Binanto, Iwan. 2010. Multimedia
Digital- Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.
[3] Sutedjo, Budi. 2006. Perencanaan
& Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.
[4] Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar
Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi Offset.
[5]Zuafa, Nurma. 2016. Karya Desain
Grafis Sebagai Materi Dakwah, dalam [6] http://eprints.walisongo.ac.id/6467,
diunduh tanggal 20 Juli 2019.
[8] https://idseducation.com/articles/yuk-mengenal-8-spesialisasi-desain-grafis/. Dikutip tanggal 19 Juli 2019.
[9] https://www.kajianpustaka.com/2013/04/pengertian-teknik-dan-perancangan.html. Dikutip tanggal 20 Juli 2019.
[10] https://manfaat.co.id/manfaat-desain-grafis. Dikutip tanggal 20 Juli 2019.
Dikutip tanggal 20 Juli 2019.
No comments:
Post a Comment