Friday, October 7, 2016

Ilmu Sosial Dasar | Tugas 3 | Pemuda dan Sosialisasi

Screenshot Berita




  • Ringkasan Berita
  Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni sebagai titik balik bagi para pemuda untuk selalu melatih diri dan mempersiapkan dirinya menghadapi persaingan global. Pemuda juga dituntut memiliki rasa kepekaan di era perubahan zaman. Padahal persoalan bangsa yang sedang dihadapi membutuhkan peran nyata pemuda. Dengan pemberlakuan MEA maka tenaga asing dan inventasi asing mulai menanamkannya di indonesia, sedikit demi sedikit mulai menggerus kehidupan masyarakat indonesia. Pemerintah juga belum menemukan solusi konkrit menghadapi masalah tersebut. Hal ini menjadi tantangan besar bagi para pemuda, karena skill pemuda yang masih rendah dan kurangnya persiapannya menghadapi tantangan global. 


  • Opini
  Jika melihat kondisi saat ini, memang benar rasa nasionalisme pada pemuda indonesia kita sudah terlihat luntur. Sebagai generasi muda, kita harus menanamkan jiwa nasionalisme yang tinggi pada tanah air. Karena dengan jiwa nasionalisme, akan muncul rasa cinta pada tanah air. Dengan munculnya rasa cinta tanah air, timbul semangat dan kesadaran untuk meningkatkan kualitas diri untuk membantu mewujudkan pembangunan di indonesia ke arah yang lebih baik. 

  • Solusi
  Apakah langkah-langkah konkrit yang harus dilakukan bangsa indonesia? Pemuda harus berbenah diri menghadapi kuatnya persaingan global. Para pemuda harus menanamkan jiwa nasionalisme dan optimisme yang tinggi menghadapi era perubahan zaman. Kelurga, masyarakat, sekolah, dan pemerintah perlu bersinergi membantu para pemuda dalam mewujudkan kreativitasnya dalam membangun indonesia. 


Sumber Referensi :

(Link 1) http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/05/31/sikap-nasionalisme-pemuda-sudah-mulai-luntur-370459









No comments:

Post a Comment