Saturday, November 4, 2017

Inilah 10 Inovasi Teknologi Yang Bermanfaat Bagi Kehidupan Sehari-hari



   Berbicara mengenai inovasi, perkembangan jaman yang semakin maju tentu menuntut adanya inovasi yang akan berguna untuk memudahkan segala sesuatu di keseharian kita. Inovasi dapat diartikan lebih luas daripada penemuan-penemuan. Inovasi bisa diartikan sebagai pembaruan yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Jadi misalkan ada produk lama yang kemudian dikembangkan menjadi produk yang mempunyai nilai guna lebih bagi masyarakat luas itu bisa dikatakan inovasi. Tentunya inovasi itu diharapkan menjadi solusi untuk membantu kehidupan manusia yang kian kompleks.  


Berikut contoh inovasi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.


1. Air Conditioner (AC).

Air Conditioner

    Inovasi yang pertama ini adalah Air Conditioner atau yang kita kenal dengan AC. AC memiliki arti yaitu pengkodisi ruangan. AC dipakai untuk mengatur suhu di dalam ruangan sesuai keinginan kita. Di tempat-tempat yang memiliki musim dingin, AC akan dikondisikan untuk membuat udara panas sehingga ruangan jadi hangat. Kebalikan dari pemanas ruangan, di Indonesia, AC menjadi alat yg banyak digunakan untuk mendinginkan ruangan. Indonesia sendiri merupakan negara yang berada di garis khatulistiwa sehingga iklimnya tropis. Namun, di sebagian besar waktu, Indonesia selalu disirami oleh sinar matahari yang teriknya kadang bisa membuat orang pingsan. Bahkan di musim penghujan, malam-malam hari terasa panas karena kelembaban yg tinggi. Alhasil, AC merupakan penolong terutama ketika saat-saat udara sedang panas-panasnya.

    Mayoritas orang yang menggunakan AC masih tak mengerti fungsi yang dikerjakan oleh AC. Sistem pendinginnya biasanya menggunakan Freon yang dapat mengubah udara biasa jadi dingin. Kerjanya juga hampir sama dengan kulkas. Kalau dirasakan, bagian samping kulkas biasanya terasa panas. Hal ini dikarenakan Freon menyisihkan udara panas dan menyimpan udara dingin di dalam ruang tertutupnya. Begitu pula dengan AC, ia menyalurkan udara dingin ke ruangan yang tertutup dan membuat suhu di dalam ruangan jadi lebih sejuk daripada di luar, sedangkan udara panasnya dikeluarkan ke luar.

    Sistem penyejuk udara ini sangat dirasakan manfaatnya terutama bagi mereka yang bekerja kantoran di dalam ruangan setiap harinya. Kipas angin saja tak lagi cukup karena terik dan gerahnya cuaca di siang hari membuat kerja jadi tak produktif. AC membuat suhu di dalam ruangan jadi terasa berbeda dan menaikkan kinerja pegawai.

AC dengan fitur pembunuh nyamuk

    Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi, kini AC dilengkapi berbagai fitur tambahan selain untuk mengatur suhu ruangan, seperti fitur pembunuh bakteri dan nyamuk. 

2. Bank.

Bank Mandiri
    Menabung di bank adalah salah satu cara yang aman dan praktis untuk menyimpan uang kita. Tidak hanya memberikan fasilitas menabung bagi nasabahnya, Pihak bank kini memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi dengan menyediakan kartu debit maupun kredit (Kartu ATM) kepada nasabahnya, sehingga jika kita ingin bertransaksi tidak harus membawa uang dalam jumlah yang banyak, tinggal gesek atau transfer maka secara otomatis uang kita terpotong. 

Mesin ATM
    Bank juga menyediakan layanan Electronic Banking atau E-Banking untuk memenuhi kebutuhan akan alternative media untuk melakukan transaksi perbankan, selain yang tersedia di kantor cabang dan ATM. Dengan Electronic Banking, kita tidak perlu lagi membuang waktu untuk antri di kantor-kantor bank atau ATM, karena saat ini banyak transaksi perbankan dapat dilakukan dimanapun, dan kapanpun melalui jaringan elektronik, seperti internet, handphone, dan telepon. Contohnya adalah transfer dana antar rekening maupun antar bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa isi ulang, ataupun pengecekan mutasi dan saldo rekening.

3. Buku Digital (E-Book).
     
E-book
    E-book merupakan sebuah software yang berkonsep buku dengan menyajikan format dan isi layaknya buku tulis konvensional yang berupa kumpulan kertas berisi tulisan dan gambar, namun dikemas dalam tampilan elektronik. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD, DVD maupun flashdisk. Untuk bentuk yang lebih kompleks misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia, dimana penyajiannya tidak hanya berupa informasi tertulis saja, tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. 

Microsoft Encarta Premium 2009

Encyclopedia Britannica

   Karena bentuknya digital, e-book dinilai lebih praktis karena mudah untuk dibawa kemana-mana dan tahan lama. Pendistribusiannya pun lebih cepat bila dibandingkan dengan buku konvensional. Dalam hitungan jam bahkan menit setelah dirilis, ebook bisa langsung dibaca. Dengan hadirnya buku digital (e-book), bisa menjadi alternatif bagi orang yang ingin membaca buku secara praktis dan mudah.

4. Drone.
Drone dengan remote control
    Drone atau pesawat tanpa awak adalah produk inovatif yang dikendalikan melalui remote control atau terbang secara mandiri dengan menggunakan kendali dari software yang digabungkan dengan GPS. Pada awalnya, pesawat jenis ini banyak digunakan untuk keperluan militer seperti, untuk pencarian dan penyelamatan, untuk memantau lalu lintas, untuk mengawasi, misi mata-mata, untuk memantau cuaca, untuk membantu memadamkan kebakaran, dan lain-lain. Namun saat ini, pesawat tanpa awak atau drone sudah semakin komersial dan banyak diproduksi untuk keperluan keperluan khusus seperti untuk fotografi, olahraga, dan lain-lain.

    Dengan adanya jenis pesawat ini, ada banyak hal yang kemudian berubah menjadi mudah. Satu contoh, saat kita sulit untuk menjangkau sebuah tempat untuk mengambil sebuah foto, atau untuk mengambil sebuah video, dengan memanfaatkan drone, kita bisa melakukannya dengan mudah. Di dalam dunia sepakbola contohnya pemantauan latihan bisa dilakukan dengan mudah dan hasilnya bisa disimpan dalam bentuk video. Video latihan itu bisa dijadikan acuan untuk pengembangan tim selanjutnya.

Penggunaan drone dalam sepakbola



5. Elevator & Eskalator.

Elevator/ lift
   Inovasi yang ini bermanfaat bagi kalian yang pergi ke bangunan bertingkat. Elevator atau biasa yang disebut Lift yaitu alat transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang maupun barang. Sedangkan Eskalator atau tangga jalan yaitu transportasi vertikal berupa konveyor untuk mengangkut orang, yang terdiri dari tangga terpisah yang dapat bergerak ke atas dan ke bawah mengikuti jalur yang berupa rail atau
rantai yang digerakkan oleh motor listrik. 

Eskalator
    Keberadaan kedua alat ini memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Pertama, waktu yang kita pakai untuk menuju lantai yang kita mau lebih singkat. Kedua, energi kita akan tersimpan lebih banyak. Bila menggunakan tangga biasa, tentu banyak energi yang akan terbuang. Ketiga, bisa membawa beban yang berat.
       
6. GPS & Peta Digital.

GPS dengan peta digital.
    Bagi kalian yang pecinta travelling, inovasi teknologi ini yang bisa membantu kalian untuk mencapai tempat yang ingin dituju. Teknologi GPS yang dilengkapi peta digital bekerja layaknya asisten digital yang akan menuntun kalian ke tempat yang dituju tanpa khawatir tersesat di jalan. Kamu juga bisa memilih rute yang diinginkan, rute yang paling cepat atau rute yang paling pendek lewat aplikasi navigasi misalnya Google Maps. Teknologi ini juga biasanya dilengkapi informasi trafik lalu lintas yang memberikan informasi mengenai keadaan lalu lintas yang terupdate.

Google Maps

     
7. Lampu LED.

Lampu Osram LED
    Inovasi di dunia penerangan kini terus mengalami perkembangan. Bila dulu orang masih menggunakan lampu jenis halogen, neon maupun pijar, kini tren itu bergeser ke penggunaan LED atau Light Emitting Diode. Lampu jenis LED sendiri adalah semi konduktor yang dapat merubah energi listrik menjadi cahaya pada saat media tersebut di aliri oleh listrik. Intinya LED akan menjadi bercahaya jika ada arus listrik yang melewatinya.

    Jika dilihat dari segi kelebihannya, LED menawarkan berbagai keunggulan. Pertama, konsumsi energi yang lebih hemat. Bagi kalian yang ingin menghemat konsumsi listrik, bisa memulainya dengan menggunakan lampu LED. Daya pemakaian listrik juga lebih kecil dibanding dengan jenis lampu lainnya. Oleh karena itu jangan heran jika lampu LED disebut-sebut dapat menghemat pemakaian energi listrik hingga 90 persen. Kedua, lampu ini tidak menghasilkan panas yang berlebihan dibanding jenis lampu lainnya. Ketiga, LED lebih tahan lama dalam pemakaiannya. Bila digunakan dalam 4 jam sehari, maka lampu LED bisa bertahan hingga 15 tahun.

8. Printer.

Jenis-jenis printer
    Printer merupakan alat yang digunakan mencetak dokumen berupa tulisan dan gambar. Terdapat berbagai macam jenis printer, dimulai dari printer dot matrix hingga yang sedang tren saat ini yaitu printer 3D. Dalam perkembangannya, printer kini tidak hanya menjadi alat untuk mencetak, tetapi dilengkapi berbagai fungsi lainnya seperti scanner, wifi dan bluetooth untuk penerimaan data, copy, dan fax. Printer ini yang disebut printer all in one. 
Printer Epson all-in one

9. Smart TV.

LG Smart TV dengan WebOS
   Televisi merupakan salah satu teknologi yang menampilkan informasi dalam bentuk suara maupun gambar. Disadari ataupun tidak, TV merupakan bagian dari keseharian kita yang hampir tidak pernah terlupakan. Sebagian dari kita mungkin pernah memiliki dan merasakan jamannya TV Hitam Putih, bahkan pernah menyaksikan film bisu atau film tanpa suara. Jaman itu perlahan digeser dengan kehadiran TV berwarna dan terus berkembang dari TV Tabung (CRT) hingga TV yang sangat tipis (LCD, LED & Plasma).

   Kini TV tidak hanya berkembang dari segi bentuk dan ukuran tapi juga dari segi fungsi. Smart TV merupakan salah satu perkembangan teknologi TV yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan sehingga menghasilkan sebuah TV yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati siaran TV dan Internet. Fungsi Smart TV tidak hanya menangkap siaran stasiun televisi, tapi juga bisa mengakses konten-konten yang ada di internet, bahkan dilengkapi berbagai aplikasi pendukung seperti web browser dan media player. Itulah yang membuatnya disebut dengan julukan Smart TV.

    
10. WiFi.

Logo Wifi
     Bagi pemakai komputer maupun gadget, mungkin tidak asing bila mendengar kata WiFi. Berkat jasanya komunikasi data baik dalam lingkup indoor maupun outdoor menjadi lebih fleksibel alias tidak membutuhkan banyak kabel yang berseliweran. WiFi (Wireless Fidelity) pada dasarnya hanya menggunakan gelombang berfrekuensi 2,4 GHz untuk komunikasi data.       

Cara kerja Wi-Fi
    Banyak orang terbantu oleh keberadaan jaringan WiFi ( wireless fidelity) yang karenanya memungkinkan internet bisa diakses di mana-mana. Wifi kini juga bisa jadi alternatif transfer data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Bila dibandingkan dengan Bluetooth, WiFi jauh lebih unggul dalam segi transfer data mencapai 250 Mbps atau 10 kali lebih cepat dari Bluetooth 4.0 . WiFi pun akhirnya dinobatkan sebagai inovasi teknologi terhebat dalam sepuluh tahun terakhir berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh majalah teknologi terkemuka Inggris, Stuff.

Sumber :

(Link) https://inet.detik.com/cyberlife/d-1059017/wifi-inovasi-terhebat-satu-dekade-terakhir
(Link) https://kumparan.com/online-mall-indonesia/hemat-anggaran-dengan-lampu-led-inilah-5-keunggulannya
(Link) https://garisbatas.com/teknologi-drone-dan-masa-depannya/
(Link) https://kreditgogo.com/artikel/Tabungan/Menyimpan-Uang-di-Rumah-Vs-Menyimpan-Uang-di-Bank.html
(Link) http://tekom-upn.blogspot.co.id/2012/08/smart-television.html
(Link) https://dosenit.com/hardware/printer/fungsi-printer-pada-komputer
(Link) malahayati.ac.id/?p=26006
(Link) https://id.wikipedia.org/wiki/Lift
(Link) https://id.wikipedia.org/wiki/Eskalator
(Link) https://id.wikipedia.org/wiki/Buku_elektronik
(Link) http://www.else-electronic.com/inovasi-inovasi-ac/

No comments:

Post a Comment